Yuk, Berani Hadapi Bullying!

Dari tahun ke tahun, isu tentang bullying selalu menjadi sorotan para orangtua dan pendidik di lingkungan sekolah. Siap tak siap, mereka harus menghadapi anak-anak pembully dan yang menjadi korban bullying.

Sementara itu, kita sebagai orangtua sekaligus pendidik juga harus mampu memberikan pengenalan dan pemahaman sejak dini kepada anak-anak soal bullying ini. Memang sih, susah-susah gampang tapi tetap harus ada usaha agar anak-anak siap menghadapinya.

Para orangtua SD Al-Bayan Islamic School yang tergabung dalam Parents Teacher Associates (PTA) atau yang dikenal dengan sebutan POMG, mengadakan sebuah seminar edutainment Stop Bullying untuk 300 siswa dan siswinya.

Seminar Edutainment yang digelar pada Hari Senin, 24 Februari 2020 di sekolah Al Bayan Islamic School Tangerang Selatan mengundang saya, Haniz Hidayat, sebagai pembicara. Saya mengajak anak-anak untuk bersiap dan berani menghadapi bullying yang terjadi di dalam lingkungan sekolah.

Dengan gaya santai dan gembira, bersama teman-teman dari Komunitas Cukup Gue, saya mengenalkan segala bentuk bullying yang kerap terjadi pada anak-anak di lingkungan sekolah. Bernyanyi dan memperagakan beberapa karakter menjadi bagian dan selingan dalam seminar tersebut.

Tak hanya anak-anak yang antusias mengikuti seminar edutainment ini, para orangtua dan guru pun ikut menyimak isi seminarnya. Tak lupa saya juga memberikan beberapa cara jitu agar anak-anak tak menjadi korban bullying, di antaranya adalah dengan mengenal diri dan percaya terhadap diri sendiri.

Sebab, jika anak-anak sudah kenal terhadap diri mereka sendiri hingga menjadi percaya diri, para pembully pun pasti akan ‘pusing’ dan kesal karena bully-an mereka tak bisa mengenai targetnya.

Yes, itulah kuncinya! Kenal dan percaya dirilah agar tak kena atau menjadi korban bullying! Bullying? Siapa Takut??!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*