Serius Bermain di Kelas Belajar Ilmu Permuseuman

Membuat suasana jadi gembira di awal training atau workshop memang berat. Apalagi jika topik bahasan workshopnya juga terasa serius.

Makanya, dibutuhkan seorang Ice Breaker yang mumpuni untuk mencairkan suasana yang dingin seperti es. Hahaha.. agak lebay… eh, tapi memang harus begitu. Anda pernah kan, ikut training atau workshop-workshop? Coba ceritakan seperti apa suasana di awal pertemuan itu? Hihihi…

Di bulan Maret lalu, saya diundang oleh Mba Diah KW (begitu saya memanggilnya) untuk menjadi si pemecah dan pencair suasana di awal pertemuan “Kelas Belajar Ilmu Permuseuman” yang untuk kedua kalinya digelar oleh Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan Yayasan Belantara Budaya Indonesia di Menteng, Jakarta.

Alhamdulillah, saya masih dipercaya oleh Mba Diah KW, sang Ibu Yayasan untuk membantunya membuka sesi belajar di awal.

Peserta kelas belajar saya ajak bermain dan mengaktifkan otak kanan dan kiri agar bisa sedikit santai dan saling kenal antarpesertanya. Seru dan gembira adalah ekspresi yang saya tangkap dari setiap wajah para peserta kelas belajar pagi itu.

Nah, saya yakin mereka pasti sudah lebih siap dan relaks menerima berbagai materi dari para narasumber kelas belajar itu. Good luck, gaeess…

(Haniz Kentangbunder)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*