Keluarga Hebat Sehat Tanpa Narkoba – PT Antam UBPN Sultra, 2018

Keluarga merupakan benteng utama dalam upaya mencegah anak-anak menjadi penyalahguna narkoba. Oleh karena itu, setiap anggota keluarga perlu memiliki keterampilan agar dapat mencegah dan membentengi anak dari kemungkinan penyalahgunaan narkoba.

Mengapa anak-anak/remaja cenderung lebih memilih untuk mencari ‘kesenangan’ di luar rumah? Banyak faktor yang memicunya. Di antaranya adalah :

  1. Pola komunikasi yang tak efektif. Hal ini akan membangkitkan sikap penolakan awal terhadap aturan dan disiplin yang diterapkan orangtua di rumah
  2. Tak ada pengawasan dan perhatian serta kepedulian dari orangtua kepada anak di dalam rumah.
  3. Kekerasan yang terjadi dalam keluarga

Nah, ketika anak-anak/remaja ini mulai mencari kesenangan di luar rumah, mereka adalah milik umum. Kondisi mereka keluar dari rumah rentan secara psikologis. Berbagai pengaruh negative mulai memasuki pikiran dan hatinya.

Akhirnya mereka menjadi anak-anak yang beresiko tinggi terkena masalah sosial, di antaranya kenakalan remaja, yang di dalamnya terdapat penyalahgunaan obat-obatan terlarang, narkotika.

Berdasarkan latar belakang  tersebut, PT ANTAM UBPN, Sultra pun mengangkat topik obrolan seputar “Keluarga Sehat Tanpa Narkoba” dalam rangkaian acara Penyuluhan Bulan K-3 Tahun 2018, di Pondok Kumoro, Pomalaa, Sulawesi Tenggara, 22 Januari 2018.

Acara yang dibuka oleh Bapak Nilus Rahmat, ST, Msi selaku Deputy GM Operation PT ANTAM UBPN Sultra dan diikuti oleh pegawai dan PWAT serta mintra kerja PT ANTAM UBPN Sultra menghadirkan pembicara untuk topik “Keluarga Hebat Sehat Tanpa Narkoba, Bapak Haniz Hidayat, S.Sos selaku Konselor dan Staff Senior di Unit Narkoba RS Bhayangkara Sespimma Polri, Jakarta.

Bapak Haniz Hidayat adalah speaker bersertifikasi BNSP Indonesia yang sangat kompeten membicarakan tema-tema seputar penyalahgunaan narkotika dan zat adiksi lainnya.

Selama lebih dari 16 tahun beliau berpengalaman memberikan berbagai penyuluhan terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba dan seminar dengan tema yang masih berkaitan dengan bidang tersebut, seperti  mind setting, student power, pengenalan dan pengelolaan karakter serta emosi .

Peserta seminarnya pun berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak TK, SD, SMP, SMA, mahasiswa, karyawan di berbagai instansi negeri dan swasta, serta untuk beberapa kumpulan ibu dan perempuan dari berbagai lingkungan komunitas.

Gaya bicara dan penyampaian materi seminar oleh Pak Haniz bisa dikatakan santai tapi serius, beberapa kali ia juga memasukkan berbagai anekdot, bercanda, dan bahkan ber-stand up comedy.

Hal ini dilakukan agar pesan yang ingin disampaikannya melalui seminar tersebut bisa langsung dipahami dan dimaknai oleh mereka yang mendengarkannya.

Inilah beberapa dokumentasi seminar untuk PT ANTAM UBPN, Sultra 2018.

 

Dok. kentangbunder

 

Dok. kentangbunder

 

Dok. kentangbunder

 

Dok. kentangbunder

Testimoninya nih… via Instagram @hanizkentangbunder

Dok. instagram kentangbunder

 

Dok. kentangbunder

 

Dok. kentangbunder

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*