Seminar Student Power di SMPN 167 Jakarta

1Mengenal Emosi.

Di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), emosi adalah luapan perasaan yang berkembang dan surut dalam waktu singkat. Emosi juga bisa diartikan keadaan dan reaksi psikologis dan fisiologis. Nah, setiap manusia diciptakan oleh Yang Maha Kuasa memiliki perasaan atau emosi.

Ngomong-ngomong soal emosi (perasaan), di mana sih, perasaan itu berada? Di hati? Iiih, mentang-mentang kalau lagi emosi, kebanyakan orang sering mengurut dada atau memegang dada. Hihihih… padahal yang ada di dalam dada manusia itu adalah jantung yang dilindungi oleh tulang paru-paru, lho! Apa iya, perasaan/emosi ada di sana?

Perasaan/emosi seorang manusia sebenarnya diatur dan dikelola oleh OTAK. Bagian tubuh manusia yang satu inilah yang punya peranan besar ketika seseorang menunjukkan keadaan atau kondisi perasaan atau emosinya. Apakah ia sedang bahagia, gembira, marah, sedih, bingung, takut, dan sebagainya. Oh, iya, otak jugalah yang mengatur kadar terlihatnya perasaan (ekspresi) seseorang.

Bersama adik-adik, siswa dan siswi SMPN 167, Jakarta Timur, Bang Haniz Hidayat dan kawan-kawan dari Sanggar Musik dan Teater SEMAT, mengenalkan berbagai jenis dan tingkatan perasaan atau emosi . Tak hanya berbicara, mereka juga memperlihatkan jenis-jenis perasaan melalui gerak (akting) teaterikal yang luar biasa atau yang sering disebut PLAYBACK THEATER.

Sebelum mengenalkan berbagai jenis emosi, Bang Haniz terlebih dulu mengajak adik-adik serta para pengajar di SMPN 167 Jakarta berlatih mengatur pikiran (mind setting) dengan cara mengaktifkan otak kanan dan kiri dan memaksimalkan kekuatan otak. Caranya dengan bermain JARI TANGAN.

Permainan ini intinya adalah mengatur otak kanan dan kiri kita dengan kekuatan niat.  Bingung? Klik DI SINI deh, untuk lebih memahami tentang kekuatan niat.

3Hasilnya, ada yang berhasil, ada juga yang tak menghasilkan apa-apa. Kan, tergantung kesungguhan dan niat di awalnya! Seru banget. Yang berhasil langsung TOSS!! Yang tidak, ayoooo semangat, coba lagiii!

Setelah bermain jari, Bang Haniz dan kakak-kakak dari Sanggar Musik dan Teater Semat mengenalkan berbagai jenis emosi dan tingkatannya. Serius sekali para siswa dan pengajar SMPN 167 Jakarta memperhatikan materi yang sedan disajikan saat itu.

Tujuan akhir dari obrol-obrolan santai tapi serius ini adalah agar para siswa menyadari dan dapat mengidentifikasi diri mereka masing-masing sehingga dapat menyaring dan memilih berbagai informasi yang datang dari lingkungan sekitarnya dengan baik. (Ervina)

1 Trackback / Pingback

  1. Workshop “Student Power” untuk Adik-adik SMPN 115 Tebet oleh Haniz Hidayat: Yuk, Bikin Vision Board! – Kentangbunder

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*