Yuk, Pakai Helm!

Helm. Apa sih sebenarnya helm itu?

Helm adalah sebuah alat atau benda yang berguna untuk melindungi tubuh, terutama di bagian kepala.

Helm biasanya terbuat dari bahan metal atau bahan keras lainnya, seperti Kevlar, serat resin atau plastik.

Saat ini, yang kita tahu helm ada beberapa jenis antara lain, helm perang atau helm yg biasa dipakai tentara, helm sepeda motor, helm sepeda, dan helm proyek  (helm yang dibuat untuk melindungi jatuhan benda-benda di proyek pembangunan gedung, rumah, atau area pertambangan).

Nah, sekarang kentangbunder mau bahas tentang helm sepeda.

Helm sepeda adalah helm yang digunakan oleh pengguna sepeda. Bentuk dan disain helm ini agak berbeda dengan helm sepeda motor, sebab kecepatan sepeda tidak seperti halnya kendaraan bermotor.

Walaupun kecepatan sepeda hanya mencapai 15  km/jam, disarankan tetap harus memakai helm. Tak menutup kemungkinan kan saat naik sepeda, kita terjatuh lalu kepala terbentur.

Oleh karena itu, memakai helm saat naik sepeda sangat dianjurkan untuk alasan keamanan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan lembaga keselamatan transportasi di Amerika Serikat, National Highway Traffic Safety Administration , dengan memakai helm saat bersepeda, berarti kita sudah mencegah terjadinya cedera kepala dan otak sampai 80 persen.

Di Indonesia, memakai helm ketika bersepeda memang belum diwajibkan, tetapi banyak juga masyarakat yang sudah sadar keamanan saat bersepeda santai.

Oya, sekarang sudah banyak kok pilihan helm sebagai salah satu perlengkapan keamanan bersepeda. Dari yang biasa-biasa saja sampai yang keren banget pun ada. Dari yang harga standar sampai yang mahal juga ada. Tingga pilih saja.

Dalam bidang olahraga bersepeda (balapan sepeda) atau ajang-ajang kejuaraan sepeda, seperti tour de french, dan sebagainya helm jelas wajib dipakai, karena memakai helm menjadi salah satu persyaratan peserta mengikuti ajang tersebut.

Jadi, mulai sekarang kita pakai helm saat naik sepeda, ya. Engga aneh, kok, malah lebih aman dan tambah keren! (Haniz/berbagai sumber)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*